Disable Preloader

Webinar Kuliah Pengabdian Masyarakat: Sosialisasi Pembelian Obat Melalui E-Commerce

Webinar Kuliah Pengabdian Masyarakat: Sosialisasi Pembelian Obat Melalui E-Commerce

Webinar Kuliah Pengabdian Masyarakat: Sosialisasi Pembelian Obat Melalui E-Commerce

AKADEMI FARMASI SURABAYA - Pada era digital ini, perubahan gaya hidup, terutama tingginya penggunaan internet sangat mempengaruhi perubahan pola perdagangan Obat dan Makanan. Hal ini ditunjukkan dengan makin gencarnya pelaku usaha dalam melakukan promosi produk terutama di media online.

Mengingat banyaknya permintaan konsumen tentang obat di marketplace mengakibatkan transaksi obat secara online tidak bisa di hindari. Selain itu kondisi pandemi juga turut merubah perilaku dagang sebagian besar platform bisnis di dunia, termasuk pembelian obat secara online.

Disisi lain, obat merupakan produk yang harus diawasi secara ketat peredaran dan penggunaanya. Oleh karena itu, pada Praktikum Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM), Akademi Farmasi Surabaya melakukan penyuluhan kepada masyarakat melalui webinar yang digelar dengan aplikasi zoom meeting.  Ini merupakan bentuk tanggung jawab dan wujud pengabdian masyarakat dari civitas Akademi Farmasi Surabaya, dan supaya dapat menambah wawasan masyarakat dan mahasiswa mengenai perkembangan kefarmasian di Indonesia sebagai calon diploma kefarmasian.

Acara webinar ini digelar pada hari minggu, 11 April 2021 mengambil tema “Peningkatan Pemahaman Masyarakat dalam Pembelian Obat Melalui E- Commerce dengan Metode Penyuluhan Online”. Acara sosialisasi dimulai pada pukul 10.00 sampai pukul 12.00 WIB, mengambil sasaran siswa SMA dan masyarakat umum. Pemililhan sasaran didasarkan pada pengguna aktif internet dan sebagian besar platform online.

Hadir di acara Webinar tersebut adalah Ibu Ria Lusiyani, S.Pd., M.A.,  sebagai dosen pembimbing dan ketua tim yang  berkenan memberikan sambutan pada pembukaan Webinar.  Dilanjutkan dengan materi yang dipaparkan oleh mahasiswa Akadmi Farmasi Surabaya, yaitu M. Salies (RS Semen Gresik) dan Amelia Rahmawati (Klinik Geo Medika Sidoarjo). Hal yang perlu ditekankan saat melakukan pembelian obat secara online harus melalui situs resmi, mengecek harga obat dengan membandingkan dengan obat serupa dengan yang dipasaran, untuk obat-obat keras, psikotropik dan narkotik tidak diperkenankan dijual secara bebas, bila mengalami keluhan kondisi kesehatan lebih disarankan untuk periksa ke pusat layanan kesehatan terdekat. Yang tidak kalah penting juga perlu dilakukan pengecekan tanggal kadaluwarsa obat, kemasan primer / sekundernya, dan ijin dari BPOM terhadap obat-obat tersebut. Supaya lebih menarik minat peserta webinar, panitia memberikan doorprize kepada 3 penanya terbaik versi panitia saat sesi tanya jawab lewat room chat.

Acara berlangsung dengan santai dan gayeng, dihadiri total 56 peserta. Sebelum acara ditutup, dilakukan sesi foto bersama yang dilakukan secara online. (ret)

Tags: webinar, kpm